Waspadai Ciri-Ciri Kanker Lidah yang Sering Diabaikan

Kanker lidah merupakan salah satu jenis kanker yang tumbuh pada sel-sel yang ada dalam lidah. Kanker lidah ini tumbuh dan berkembang pada sel skuamosa yang berada di permukaan lidah. Kanker lidah ini juga disebut sebagai karsinoma sel skuamosa.

Perlu diketahui bahwa gejala kanker lidah ternyata menyerupai sariawan. Hal inilah yang membuat banyak orang sering mengabaikan gejala kanker lidah ini. Walaupun demikian, Anda tidak perlu langsung merasa panik jika mengalami sariawan.

Beberapa hal awal yang harus Anda perhatikan saat Anda mengalami sariawan adalah sudah berapa lamakah Anda mengalaminya? Apakah ada gejala lain yang dirasakan selain sariawan? Dan pengobatan apa sajakah yang sudah Anda lakukan untuk menyembuhkannya?

Meskipun gejala kanker lidah pada awalnya hampir serupa dengan sariawan, masih ada hal lain yang harus Anda tahu terkait dengan ciri-ciri kanker lidah.

Beberapa orang baru menyadari bahwa orang itu mengalami kanker lidah setelah rasa sakit yang disebabkannya mulai terasa di leher dan telinga. Maka dari itu, sebenarnya bagaimanakah mengenali ciri-ciri kanker lidah ini?

Untuk mengetahui ulasan tentang ciri-ciri kanker lidah secara lengkap, di bawah ini kami berbagi informasinya.

Ciri-Ciri Kanker Lidah yang Diabaikan

  1. Sariawan yang tidak kunjung sembuh

Ciri-ciri kanker lidah yang pertama adalah sariawan atau luka dalam lidah dan mulut yang tidak kunjung sembuh lebih dari 3 minggu. Sariawan dan luka tersebut biasanya disertai dengan adanya bercak yang berwarna merah atau putih dan juga benjolan. Biasanya penderita kanker lidah ini akan mengalami sakit di tenggorokan secara berkelanjutan.

  1. Rasa kebas dalam mulut

Rasa kebas di dalam mulut menjadi salah satu ciri-ciri kanker lidah. Biasanya seseorang yang mengalami kanker lidah akan merasakan kebas di dalam mulut, rasa kebas ini tidak akan kunjung sembuh atau hilang. Selain rasa kebas, penderita kanker lidah juga akan merasakan rasa sakit pada bagian telinga.

  1. Pendarahan dalam lidah

Ciri-ciri lain dari kanker lidah yang sering diabaikan adalah pendarahan yang terjadi dalam lidah. Kebanyakan orang akan menganggap ini sebagai hal yang biasa. Namun, Anda perlu berhati-hati.

Jika pendarahan dalam lidah ini terjadi, Anda harus mewaspadainya. Mengapa demikian? Karena kanker lidah ini dapat menyebar atau menular melalui sel pembuluh darah. Jadi, Anda harus berhati-hati dan mewaspadai hal tersebut.

  1. Kesulitan saat menelan

Ciri-ciri kanker lidah yang sudah lumayan parah adalah menyulitkan penderita saat akan menelan makanan dan bahkan menyulitkan saat berbicara. Jadi, Anda perlu mewaspadai hal ini.

Itulah ulasan singkat terkait ciri-ciri kanker lidah yang sering diabaikan. Ciri-ciri kanker lidah ini sebenarnya dapat dilihat dengan jelas. Jadi, Anda harus memperhatikan dan mewaspadai hal-hal tersebut.

Sumber: deherba.com