4 Cara Mencegah Thermostat Mobil Daihatsu Rusak

Mencegah Thermostat Mobil Rusak Thermostat merupakan salah satu komponen pada mobil yang paling vital terutama sistem pendinginan mesin. Thermostat memiliki keterbatasan usia pakai alias rusak. Agar thermostat tidak cepat rusak, kamu bisa mencegahnya dengan mengikuti 4 hal ini

Thermostat termasuk salah satu bagian pada mobil yang paling vital karena berkaitan erat dengan sistem engine cooling atau pendingin pada bagian mesin mobil. Bentuknya seperti katup yang terbuat dari dua buah jenis logam berbeda yang mana jika dilalui oleh suhu diatas suhu kerja maka katup ini akan membuka dan menutup kembali ketika suhu sudah kembali dingin.

Biasanya temperatur mesin mobil bekerja optimal berkisar 90 derajat celcius. Thermostat membuat suhu mesin menjadi optimal dan temperatur tetap kerja sehingga konsumsi bahan bakar pun menjadi irit.

Sayangnya thermostat memiliki keterbatasan usia pakai alias rusak. Biasanya jika rusak pada komponen membuat sistem pendinginan terganggu sehingga menyebabkan mesin menjadi overheat karena sirkulasi pendingin terganggu.

Biasanya salah satu kerusakan pada thermostat, yakni macet karena kerak yang biasa diakibatkan oleh cairan pendingin yang buruk. Makanya jangan biarkan kualitas cairan pendingin menyebabkan mesin kamu rusak akibat overheat.

Ada beberapa hal bisa dilakukan untuk mencegah thermostat rusak, yaitu:

  • Kuras dan ganti cairan pendingin secara teratur
  • Gunakan cairan pendingin yang kualitas bagus
  • Ganti tutup radiator setiap 4-5 tahun serta ganti thermostat setiap lima tahun;
  • Rutin memeriksa kipas radiator.

Selain itu, hindari untuk mencabut thermostat. Karena hal tersebut tindakan salah yang membuat efek mesin mobil bekerja tidak ideal. Suhu mesin mobil yang tidak stabil dapat membuat boros BBM.