Penyebab dan Cara Mengatasi Komedo

penyebab dan cara mengatasi komedo

Hampir semua orang remaja dan dewasa bermasalah dengan komedo. Komedo termasuk jerawat ringan yang biasanya muncul pada kulit hidung. Namun, tidak menutup kemungkinan komedo juga muncul pada leher dan punggung.

Komedo merupakan benjolan kecil pada permukaan kulit yang berwarna hitam. Benjolan warna hitam ini meskipun kecil namun cukup bisa terlihat secara kasat mata. Komedo biasanya tidak meradang sehingga tidak sakit seperti jerawat pada umumnya.

penyebab dan cara mengatasi komedo

Penyebab Komedo

Komedo terjadi karena adanya sel kulit mati dan minyak yang menyumbat pada folikel kulit. Komedo kemudian berwarna hitam karena sel kulit mati dan minyak tersebut terpapar udara.

Ada beberapa faktor yang memicu munculnya komedo, yaitu:

  • Iritasi pada folikel rambut yang membuat sel kulit mati tidak terkelupas.
  • Adanya perubahan hormon yang membuat produksi minyak pada kulit berlebihan.
  • Meningkatnya pertumbuhan bakteri tertentu pada kulit.
  • Memakai produk kecantikan tertentu yang berminyak.

Cara Mengatasi Komedo

Pengobatan untuk mengatasi komedo sebenarnya sangat mudah dilakukan, bahkan di rumah sekalipun. Jika komedo sudah sangat mengganggu penampilan, Anda dapa mencuci wajah secara teratur menggunakan sabun. Sabun wajah yang tepat untuk mengatasi komedo adalah sabun Black Walet. Manfaat sabun Black Walet mampu membantu regenerasi kulit dan menjaga kelembabannya sehingga kulit terbebas dari komedo.

Selain menggunakan sabun Black Walet, Anda juga dapat mengatasi komedo dengan melakukan tindakan medis. Cara ini cenderung membutuhkan biaya yang mahal. Dokter biasanya akan memberikan resep yang mengandung vitamin A yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada folikel rambut. Selain itu, vitamin A juga berfungsi untuk mempercepat pergantian sel kulit sehingga sel kulit mati segera diganti dengan sel kulit yang baru.

Ada beberapa cara mengatasi komedo lainnya yang bisa Anda coba, diantaranya yaitu:

  • Menghilangkan komedo secara manual

Cara ini sebaiknya dilakukan oleh dermatolog atau dokter spesialis kulit. Dermatolog akan menggunakan alat khusus untuk mengangkat penyumbatan yang menyebabkan komedo.

  • Terapi laser

Terapi menggunakan energi cahaya tertentu seperti laser dapat membunuh bakteri penyebab komedo. Selain itu, terapi laser bisa membantu pengurangan minyak yang terproduksi secara berlebihan.

Cara Mencegah Munculnya Komedo

Setelah melakukan cara mengatasi komedo, alangkah lebih baiknya jika dibarengi dengan tindakan pencegahan agar komedo tidak muncul kembali. Anda dapat mencegah munculnya komedo dengan mencuci wajah secara teratur menggunakan sabun Black Walet atau produk Black Walet Indonesia lainnya.

Anda juga dapat mulai memilih produk kecantikan lain yang tidak mengandung minyak. Cara lain adalah dengan menggunakan produk pengelupas kulit mati seperti scrub atau masker wajah. Namun, Anda harus teliti dan mencari tahu terlebih dahulu produk pengelupas kulit mana yang tidak akan membuat kulit wajah Anda menjadi iritasi.