Tips Memilih dan Merawat mesin Genset Rumah

Genset atau generator set merupakan salah satu mesin yang berguna sebagai alat cadangan sumber daya listrik apabila ada gangguan atau kerusakan dari PLN. Hal yang perlu diperhatikan saat membeli genset adalah harus disesuaikan dengan kebutuhan daya yang diperlukan. Anda dapat membelinya di toko yang jual genset yanmar, maka akan dijelaskan secara rinci dalam memilih genset yang berkualitas.

Tips Memilih dan Merawat mesin Genset Rumah

Cara Memilih Genset sesuai Kebutuhan

Pada umumnya kebutuhan daya tidak jauh berbeda dengan suplai yang diberikan oleh PLN. Kemudian harus ditentukan apakah genset tersebut akan digunakan untuk mensuplai semua jenis kebutuhan yang menggunakan daya listrik atau hanya untuk beberapa bagan saja. Apabila tidak dipakai secara penuh maka tentukan prosentasenya untuk penggunaan gneset tersebut.

Jika Anda bingung dalam menentukan prosentase kebutuhan daya yang akan digunakan, maka  Anda dapat pergi ke toko jual genset surabaya, pasuruan dan lain sebagainya. Ini sebuah contoh sederhana yang dapat dijadikan gambaran, semoga dapat dipahami. Misalnya di sebuah rumah memiliki daya listrik dari PLN yaitu 4.400 watt, kemudian membutuhkan sebuah genset yang nantinya akan digunakan untuk semua kebutuhan rumah tangga yang menggunakan listrik.

Jadi secara otomatis, kita membutuhkan sebuah genset yang memiliki daya yang sama. Tetapi semua itu tidak bersifat mutlak. Anda dapat membeli sebuah genset yang ukuran dayanya bisa dibawahnya atau bisa juga di atasnya. Karena tidak mungkin dalam waktu secara bersamaan daya yang berjumlah 4.400 itu terpakai semua.

Cara Merawat Genset di Rumah

Bagaimana cara merawat genset, agar genset yang kita miliki tahan lama. Beberapa yang harus dilakukan yaitu harus selalu mengcek oli, karena jika oli sampai habis maka bisa berakibat fatal dan mesin menjadi rusak.

Pada umumnya genset merupakan produk baru yang sudah dilengkapi alat sensor, alat tersebut berguna untuk memberitahukan jumlah oli yang ada di dalam genset. Jadi genset akan mati sendiri jika oli yang ada tinggal sedikit. Tetapi meskipun demikian, tidak ada salahnya Anda selalu melakukan pengecekan ukuran ketinggian oli dan harus secara rutin diganti. Biasanya oli diganti jika sudah pemakaian sekitar 500 sampai 1000 jam. Pada saat Anda membeli genset di toko jual genset murah di Surabaya, biasanya akan di beri tahu bagaimana cara pemakaian dan perawatannya.

Pada saat pengisian oli, mesin genset harus dalam posisi mati. Jangan sesekali Anda mengisi oli pada saat mesin menyala karena sangat berbahaya. Misalkan setelah mesin nyalapun, jika ingin mengisi oli harus posisi mesin sudah benar- benar dingin. Proses pendinginan pada mesin genset membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit. Setelah itu, baru dilakukan pengisian oli.

Agar mesin genset bisa awet dan tahan lama, maka jang terlalu sering menggunakan genset dengan beban yang berat sekaligus. Anda dapat melakukan secara bertahap agar mesin genset tidak cepat rusak. Saat ini banyak toko yang menawarkan jual mesin diesel yanmar yang memiliki kualitas tinggi. Dengan mesin genset yang berkualitas, maka Anda tidak akan khawatir dengan mesinnya.